Jumat, 08 April 2016

kesehatan mental menurut Carl Rogers

Carl Rogers






Beliau merupakan salah seorang tokoh humanistik yang ikut serta mengembangkan psikologi humanistik. Sama seperti rekannya yang lain yaitu Gordon .G.Allport dan Abraham maslov yang menyatakan bahwa manusia adalah pribadi yang unik, yang mengendalikan secara sadar apa yang menjadi pilihannya Carl Rogers juga berpendapat demikian.

Menurut Carl Rogers bagaimana seseorang memandang dirinya sangatlah penting. Hal inilah yang akan membentuk konsep dirinya. Sesuai dengan teori utama Rogers mengenai self concept yang mengartikan bahwa bagaimana individu melihat, dan berpikir  tentang dirinya sendiri maupun orang lain dan hubungan keduanya itulah yang akan membentuk sebuah konsep. Konsep inilah yang kemudian menjadi gambaran mental seseorang.

Rogers menyatakan bahwa self berkembang secara utuh-keseluruhan, menyentuh semua bagian-bagian. Berkembangnya self diikuti oleh kebutuhan penerimaan positif, dan penyaringan tingkah laku yang disadari agar tetap sesuai dengan struktur self sehingga dirinya berkembang menjadi pribadi yang berfungsi utuh. Jadi, self concept adalah kesadaran batin yang tetap, mengenai pengalaman yang berhubungan dengan aku dan membedakan aku dari yang bukan aku.

Konsep diri ini terbagi menjadi 2 yaitu:
·         Ideal Self : diri yang diharapkan individu
·         Relity Self : kenyataan yang ada pada diri individual atau keadaan apa adanya pada diri individu.
      Kesulitan akan timbul bila tidak ada ketidaksesuaian antara reality self dengan ideal selfnya (kesenjangan antara harapan dan realita). Jadi Individual yang sehat adalah individu yang jarak reality self dan ideal self tidak terlalu jauh. 
 Ciri - ciri orang yang berfungsi secara utuh menurut Rogers adalah :
a.       Keterbukaan pada pengalaman
Keterbukaan pada pengalaman adalah lawan dari sikap defensif.Setiap pendirian dan perasaan yang berasal dari dalam dan di luar disampaikan ke sistem saraf organisme tanpa distorsi atau rintangan.
b.      Kehidupan Eksistensial
Orang yang berfungsi sepenuhnya,hidup sepenuhnya dalam setiap moment kehidupan.Setiap pengalaman dirasa segar dan baru,maka dari itu ada kegembiraan karena setia pengalaman tersingkap.
c.       Kepercayaan Terhadap Organisme Orang lain
Bertingkah laku menurut apa yang dirasa benar merupakan pedoman yang sangat dapat diandalkan. Orang yang berfungsi sepenuhnya dapat bertindak menurut impuls-impuls yang timbul seketika dan intuitif.
d.      Perasaan Bebas
Rogers percaya bahwa semakin seseorang sehat secara psikologis,semakin juga ia mengalami kebebasan untuk memilih dan bertindak. Orang yang sehat dapat memilih dengan bebas tanpa adanya paksaan-paksaan atau rintangan-rintangan antara alternatif pikiran dan indakan.
e.       Kreativitas
Semua orang yang berfungsi sepenuhnya sangat kreatif. Orang-orang terbuka sepenuhnya kepada semua pengalaman,yang percaya akan organisme lain mereka sendiri,yang fleksibel dalam keputusan serta tindakan. Bertingkah laku spontan,berubah,bertumbuh dan berkembang sebaai respon atas stimulus-stimulus kehidupan yang beraneka ragam. Rogers percaya bahwa orang-orang yang berfungsi sepenuhnya lbih mampu menyesuikan diri dan dapat bertahan hidup terhadap perubahan-perubahan yang drastis

   Daftar Pustaka
  Heru,B. (2008). Psikologi Umum. Jakarta:Universitas Gunadarma 
  https://thefubbys.wordpress.com/2009/10/26/pendapat-kesehatan-mental-menurut-allport-dan-rogers/